Politikus PKB nilai ruralisasi jadi program konkret perbaiki ekonomi

Marwan Jafar menilai subsektor produktif seperti peternakan, perkebunan, perikanan, dan pertanian di desa bisa dikerjakan UMKM.

Politikus PKB, Marwan Jafar. Dokumentasi Kemendes

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar, mendorong pemerintah mencanangkan program ruralisasi guna menggairahkan perekonomian berkelanjutan. Pangkalnya, terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) hingga sepinya pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, restoran, kawasan wisata, dan sebagainya dalam setahun pandemi Covid-19 di tanah air.

"Sudah sekitar setahun lalu atau tepatnya akhir April 2020 tahun lalu, saya sudah mengingatkan perlunya pemerintah mencanangkan program ruralisasi untuk menggerakkan perbaikan perekonomian secara berkelanjutan," ucapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3).

"Maksud saya, program ruralisasi ini atau ikhtiar gerakan kembali ke desa serta sekaligus menggerakkan segenap potensi produktif di pedesaan. Ini kita yakini bisa menjadi andalan memperbaiki serta dapat berkontribusi signifikan untuk penguatan fondasi ekonomi sektor riil," sambungnya.

Bekas Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi itu mendorong demikian lantaran banyak subsektor produktif di peternakan, perkebunan, perikanan, dan pertanian yang langsung bisa dikerjakan, terutama oleh pelaku UMKM dan perkoperasian.

Dalam konteks ini, menurutnya, yang mesti ditekankan tidak hanya di sisi hulu, tetapi terutama sisi pengolahan, pengemasan, stabilisasi harga, serta pemasaran alias sisi hilir dengan menggunakan sentuhan platform teknologi era masa kini. "Termasuk sejumlah subsektor industri kecil dan menengah serta beberapa subsektor perdagangan."