Musim hujan, PLN beri tips agar tak tersengat listrik saat banjir

PT PLN mengimbau masyarakat agar tetap waspada saat musim hujan dan terjadi genangan.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat agar tetap waspada saat musim hujan dan terjadi genangan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari sengatan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan memberikan beberapa tips jika terjadi genangan. Menurutnya jika air sudah mulai masuk rumah, segera matikan listrik dari kWh meter. Untuk menghindari tersengat listrik karena air merupakan konduktor listrik.

Kemudian mencabut seluruh peralatan listrik yang masih menancap dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman. Masyarakat juga bisa meminta ke PLN untuk memadamkan gardu melalui aplikasi PLN Mobile, Contact Center 123, atau datang langsung ke kantor wilayah terdekat.

"Keselamatan jiwa manusia adalah hal yang paling utama. Oleh karena itu saat hujan lebat dan mengakibatkan banjir, maka listrik terpaksa dipadamkan sementara," paparnya dalam keterangan resminya, Rabu (23/3).

Dia menjelaskan jika air merupakan salah satu  konduktor listrik yang bisa mengalirkan aliran listrik ke tubuh manusia. Sehingga PLN melakukan pemadaman pada rumah warga, aset PLN saat kebanjiran.