Presiden ajukan tiga nama calon Deputi Gubernur BI

Tiga nama calon Deputi Gubernur BI diantaranya Dody Budi Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwiek Sisto Widayat.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengunjungi stan pameran produk lokal kain sulam Karawo di kantor perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Gorontalo, Minggu (28/1). Agus Martowardojo mengatakan bahwa BI terus berkomitmen untuk turut serta dalam memajukan usaha Mikro Kecil Menengah dan harus bisa membawa hasil produk ke skala nasional dan internasional. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/kye/18

Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama-nama calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).  Total ada tiga nama calon untuk menggantikan Perry Warjiyo yang akan habis masa jabatannya pada April 2018. 

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Taufik Kurniawan mengatakan tiga nama tersebut diantaranya Dody Budi Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwiek Sisto Widayat.

"Baru saja saya terima suratnya, besok segera diserahkan ke Badan Musyawarah, dan di sidang paripurna akan disampaikan," kata Taufik, Wakil Ketua DPR bidang Ekonomi dan Keuangan, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Taufik mengatakan setelah dibacakan di sidang paripurna, proses seleksi akan kembali ke Bamus untuk kemudian diserahkan ke alat kelengkapan DPR yang menjadi mitra BI yakni Komisi XI DPR.

Anggota Komisi XI DPR Johnny G. Plate mengatakan tidak sulit untuk memperkirakan calon pengganti Perry, karena pejabat internal BI yang berpengalaman luas di bidang moneter dan ekonomi internasional tidak begitu banyak. Para anggota Komisi XI juga sudah mengetahui rekam jejak dan kapasitas calon-calon tersebut.