Presiden Jokowi akan terima hitung-hitungan harga BBM hari ini

Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk BLT BBM sebesar Rp12,4 triliun yang akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat.

Keterangan Pers Presiden Jokowi Terkait BLT BBM, Kepulauan Tanimbar, Jumat (2/9/2022. YouTube Sekretariat Presiden

Keputusan rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi akhirnya semakin jelas, setelah beberapa waktu lalu sempat membuat masyarakat kebingungan bahkan hingga ‘panic buying’ atau belanja panik.

Ini setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pada hari ini (2/9), dirinya akan menerima hasil perhitungan terkait harga BBM yang telah dikalkulasi pemerintah.

“Untuk BBM-nya semuanya masih dikalkulasi dan hari ini akan disampaikan kepada saya mengenai hitung-hitungan dan kalkulasinya,” tutur Presiden Jokowi dalam keterangannya usai memberikan bantuan sosial di Pasar Olilit Saumlaki, Kepulauan Tanimbar yang tayang di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (2/9).

Kunjungan Jokowi ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini merupakan kunjungan kerjanya untuk memeriksa secara langsung proses penyaluran bantuan sosial jenis Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM melalui kantor Pos Indonesia yang berada di Saumlaki, Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk BLT BBM sebesar Rp12,4 triliun yang akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Adapun per KPM akan memperoleh BLT BBM sebesar Rp600.000.