Presiden Jokowi panggil pengusaha besar ke istana

Sejumlah pengusaha dan konglomerat merapat ke istana negara pada Selasa (25/6).

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Seskab Pramono Anung (ketiga kanan) menerima pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (13/6) . / Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil pengusaha besar ke istana negara pada Selasa (25/6). Jokowi meminta para pengusaha itu untuk membangun properti di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Intinya Presiden meminta kami untuk membantu di Mandalika untuk membangun hotel. Jadi di sana itu hotel kurang, baru tiga (hotel) yang ada," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (25/6).

Hariyadi bertemu Presiden Jokowi bersama sejumlah pengusaha properti lain seperti pendiri dan pemilik Mayapada Group Dato Sri Tahir, pemilik CT Corp, Managing Director Sinar Mas Group Gandi Sulistyo, CEO Sinarmas Land Ltd Muktar Widjaja.

Selanjutnya, pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo, pemilik grup Djarum Robert Budi Hartono, pendiri dan pimpinan Rajawali Corpora Peter Sondakh, pemilik dan pendiri Grup Mulia Eka Tjandranegara, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer dan sejumlah pengusaha lainnya.

Sebelumnya, Mei 2019, Presiden Jokowi menyampaikan rencana pembangunan sirkuit MotoGP yang akan berlangsung pada 2021 di Mandalika. Sirkuit itu sendiri ditargetkan dapat selesai pada 2020.