Diminati konsumen Eropa, produk laut RI raih potensi transaksi US$7,5 juta

Produk yang paling diminati pada pameran ini antara lain tuna, gurita, sarden dan tuna kaleng, udang, daging kepiting, cumi, serta sotong.

Ilustrasi. kkp.go.id

Hasil laut dan produk hasil laut Indonesia meraup potensi transaksi sebesar US$7,5 juta atau sekitar Rp75,62 miliar pada pameran dagang internasional The Conxemar International Frozen Seafood Fair ke-22 yang diselenggarakan pada 5-7 Oktober 2021 di Fundación Instituto Feiral de Vigo (IFEVI), Vigo, Spanyol.

Atase Perdagangan Madrid Novita Sari mengatakan, kualitas produk hasil laut Indonesia terbukti mampu memikat buyers Eropa.

“Perwakilan Perdagangan Indonesia di Spanyol, yaitu Atase Perdagangan Madrid bersama Indonesian Trade Promotion (ITPC) Barcelona gencar melakukan promosi perikanan Indonesia untuk menarik para buyers dunia, khususnya di kawasan Eropa. Terbukti dengan torehan potensi transaksi dalam pameran ini yang mencapai lebih dari US$7,5 juta atau sekitar Rp75,62 miliar,” ujar Atase Perdagangan Madrid Novita Sari dalam keterangan tertulis Kementerian Perdagangan, Rabu (13/10).

Novita mengatakan produk yang paling diminati pada pameran ini antara lain tuna, gurita, sarden dan tuna kaleng, udang, daging kepiting, cumi, serta sotong.

“Diharapkan eksportir Indonesia dapat memenuhi permintaan tersebut dan tingginya biaya logistik saat ini tidak menjadi penghambat realisasi permintaan tersebut,” ucap Novita.