Produk lokal memperlebar sayap penjualan dari Sabang sampai Merauke

UMKM bisa memperluas pasar online-nya ke seluruh Indonesia dengan fitur Dilayani Tokopedia yang menawarkan fasilitas gudang pintar.

Ilustrasi Alinea.id/MT. Fadillah.

Sama seperti pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lainnya, Uma Hapsari membangun bisnisnya dari mimpi yang sederhana. Niatnya semula ingin membuat toko offline milik orang tuanya kembali berjaya dengan penjualan daring. 

Namun, wanita kelahiran 10 Januari 1991 ini justru menyadari bahwa tanpa pembeda, bisnis online akan tergilas pesaing lain. Dia pun terpikirkan menciptakan brand yang dapat menjadi bisnis utama.

“Jadi harus ada brand-nya, waktu itu kenalnya perajin sepatu, makanya buat produk sepatu, pakai nama anakku, Amazara,” kisah Uma saat webinar Tokopedia bertajuk ‘Bersama Dilayani Tokopedia Bisnis UMKM Lokal Menjadi Sukses di Pasar Nasional’, Rabu (8/6).

Kala itu, Uma membangun bisnisnya dari kota Yogyakarta dengan penjualan sepenuhnya secara online. Ia bekerja sama dengan perajin sepatu home industry di Bogor, Jawa Barat. Tahun 2015, brand Amazara mulai menjual sepatu masih dalam hitungan jari.

“Awalnya kami coba jual, sebulan 5-10 pemesan. Kemudian Agustus 2017, kami mulai join Tokopedia. Dari situ penjualan mulai berkembang hingga ribuan sepatu tiap bulan,” ungkapnya.