Program tanam Kelapa Genjah 1 Juta batang tuai hasil baik

Tanaman Kelapa Genjah di Solo Raya mulai terlihat tunas.

Kelapa genjah. Foto: kalsel.litbang.pertanian.go.id

Kelapa genjah yang ditanam saat pencanangan program Tanam Kelapa Genjah 1 Juta Batang seluruh Indonesia di Solo Raya menunjukkan hasil yang baik. Sejak ditanam pada Agustus lalu, pertumbuhannya terjadi 100%, bahkan kini terdapat tunas baru. 

Kementerian Pertanian (Kementan) mengalokasikan bantuan bibit kelapa genjah untuk Solo Raya cukup besar. Mencakup Kabupaten Sukoharjo sebanyak 110.000 pohon, Boyolali 58.000, dan Karanganyar 59.000 pohon. 

Menurut Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah, penanaman kelapa genjah merupakan bagian dari program ketahanan pangan, sekaligus upaya meningkatkan pendapatan masyarakat. Kementan menargetkan penanaman sejuta kelapa genjah pada periode 2022-2023.

"Solo Raya harus berhasil, pemeliharaan dan kebutuhan lainya harus terpenuhi, jangan sampai kurang," kata Andi dalam keterangan resminya, Sabtu (15/10). 

Untuk memastikan program berjalan baik, Kementan melakukan monitoring dan evaluasi agar terbangun kawasan kelapa genjah yang bisa mendongkrak pendapatan masyarakat dan ekonomi nasional. Solo Raya, terutama Sukoharjo, kata Andi, menjadi percontohan bagi daerah lain.