PSBB dilonggarkan, trafik jalan tol Jasa Marga mulai meningkat

Trafik jalan tol Jasa Marga jauh membaik dibandingkan pada Mei yang tercatat turun hingga 50%.

Operator mengamati laju kendaraan di jalan tol dari layar interaktif, di Jasa Marga Traffic Information Center, Jakarta. Foto Antara/dokumentasi

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menyampaikan, trafik kendaraan di ruas-ruas jalan tol milik Jasa Marga mulai meningkat setelah pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19.

Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto mengatakan, trafik jalan tol Jasa Marga jauh membaik dibandingkan pada Mei yang tercatat turun hingga 50%.

"Trafik hampir kembali ke posisi awal, ada peningkatan 10%. Bahkan di beberapa titik seperti Tol Trans Jawa, waktu liburan 17 Agustus sudah relatif kembali ke kondisi normal," ujarnya dalam paparan publik, Rabu (26/8).

Penurunan trafik kendaraan yang sempat terjadi mengakibatkan proyeksi pendapatan Jasa Marga ke depan menjadi semakin menantang. Untuk diketahui pada semester I-2020, emiten berkode saham JSMR ini, mencatatkan pendapatan tol yang turun 18% menjadi Rp3,91 triliun, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp4,74 triliun.

Selain itu, laba bersih JSMR tercatat turun signifikan menjadi Rp105,7 miliar sepanjang semester I-2020, terjun 90% dari semester I-2019 yang mencapai Rp1,06 triliun.