PT Perikanan Indonesia ekspor 160 ton hasil laut ke Jepang, AS, dan China

Ekspor perikanan terdiri dari gurita, cuttle fish fillet, dan ikan cakalang.

Foto dokumentasi.

PT Perikanan Indonesia menggenjot ekspor hasil produksi perikanan ke pasar internasional pada semester II-2023. Terdiri dari gurita, cuttle fish fillet, dan ikan cakalang ke tiga negara, yakni Jepang, Amerika Serikat, dan China.

Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono mengatakan, total produk perikanan yang diekspor sebanyak 160 ton. Produk tersebut merupakan unggulan yang telah lulus studi kelayakan dengan grade terbaik.

Dari jumlah 160 ton, secara rinci, PT Perikanan Indonesia memasok 21 ton gurita berjenis Ball Type Octopus ke Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS), dengan valuasi Rp2,2 miliar. Produk ini diberangkatkan dari Makasar ke AS melalui jalur laut. Gurita berasal dari hasil tangkapan nelayan di Perairan Sinjai dan Perairan Selayar, Sulawesi.

“Kami berkomitmen melibatkan para nelayan pada proses produksi perikanan, hingga produk siap ekspor” tutur Sigit, dikutip Sabtu (28/10). 

Selain ke AS, PT Perikanan Indonesia juga memasok 30 ton gurita berjenis Octopus Cyanea Gray ke Negeri Sakura, Jepang, dengan nilai Rp2,6 miliar. Gurita sejumlah 2 kontainer ini diberangkatkan dari Unit Simeulue, Aceh.