PTPN bersama Pertamina kembangkan PLTS di KEK Sei Mangkei

KEK Sei Mangkei bisa menjadi daya tarik investor global dan nasional.

Foto ilustrasi pemasangan Panel Listrik Tenaga Surya/Pixabay.

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) bersama PT Pertamina Power Indonesia mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas 2,0 MegaWatt peak (MWp) yang berbasis energi ramah lingkungan atau Green Economic Zone.

Program ini mendukung upaya pemerintah mengoptimalkan potensi energi terbarukan (renewable energy) nasional dan menarik minat investor menanamkan investasinya di kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) M. Abdul Ghani menjelaskan, energi terbarukan dihasilkan dari sumber daya energi yang secara alami tidak akan habis, bahkan berkelanjutan jika dikelola dengan baik.

Konsep energi terbarukan ini kerap disebut juga sebagai energi berkelanjutan atau sustainable energy.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi energi terbarukan yang sangat melimpah karena dilalui oleh garis khatulistiwa. PTPN Group bersama PT Pertamina Power Indonesia akan mengoptimalkan pemanfaatan energi terbarukan tersebut secara optimal di Indonesia,” katanya dalam keterang pers di Jakarta, Minggu (1/11).