PTPN XII targetkan ekspor kopi 2.659 ton tahun ini

PTPN XII telah mengekspor kopi ke Inggris mencapai 18 ton dengan harga Rp1,5 miliar.

Ilustrasi. Foto Pexels.

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII melakukan ekspor perdana kopi arabika ke Inggris. Totalnya mencapai 18 ton dengan harga Rp1,5 miliar.

"Dalam ekspor perdana ini kami mengirimkan 18 ton kopi arabika untuk memenuhi permintaan buyer dengan destinasi pelabuhan tujuan ke teesport United Kingdom,” kata Direktur PTPN XII Siwi Peni, dalam keterangan resmi, dikutip Alinea.id, Rabu (8/9).

Siwi mengakui sejak adanya pandemi Covid-19, permintaan komoditas kopi di pasar dunia belum sepenuhnya pulih. Perusahaan mampu menembus pasar internasional karena memanfaatkan pelanggan loyal di negara-negara di Eropa, Asia, dan Amerika Serikat. 

Kopi merupakan salah satu tanaman utama yang diusahakan PTPN XII dengan total area seluas 8.985,89 hektare (ha). Dari total tersebut, sekitar 4.478,50 ha di antaranya digunakan untuk jenis, sedangkan sisanya untuk robusta seluas 4.507,39 ha.

Ekspor kopi perdana ini merupakan hasil panen dari kebun Blawan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Siwi menyebut pengelolaan kopi diolah secara full washed, dengan memerhatikan sistem manajemen mutu.