Ramadan berlipat nikmat, tak hanya ambil untung tapi juga jadi donatur

Era digital mempermudah masyarakat melakukan donasi secara online. Tidak hanya untuk para konsumen tetapi juga para pegiat usaha.

Ilustrasi. Foto Alinea.id.

Sudah dua tahun terakhir, Ratih Mayastuti (38) rutin meng-klik tombol donasi dalam sebuah aplikasi berbagi. Munculnya fintech (solusi teknologi keuangan) yang memungkinkan melakukan donasi telah mempermudah ibu satu anak ini bersedekah.

“Biasanya enggak rutin (bersedekah), tapi sekarang karena ada aplikasi, dalam hitungan detik saya bisa menyumbang sana-sini rutin tiap minggu,” kisahnya kepada Alinea.id, Kamis (22/4).

Aksi donasi ini biasa ia lakukan setiap hari Jumat. Karena, bagi muslim, sebagaimana anjuran Rasulullah Muhammad SAW, umat Islam diminta senantiasa memperbanyak amalan dan ibadah pada hari Jumat. Termasuk salah satunya adalah sedekah.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan dia kembali merogoh kocek untuk berbagi selain di hari Jumat. “Biasanya kalau ada bencana alam, aksi solidaritas untuk Palestina, atau untuk anak yatim juga sering selain hari Jumat,” tutur pengusaha makanan ini.

Ia mengaku mengenal donasi online ini kala berselancar di dunia maya. Saat membuka media sosial, Ratih menemukan iklan lembaga filantropi yang terselip di sela-sela timeline. Menurutnya, kisah yang diangkat para lembaga resmi dalam iklan tersebut sangat menggugah ibanya sebagai seorang ibu.