RANS berencana IPO, seperti apa kinerja saham sektor teknologi?

Saham sektor teknologi akan memiliki tantangan yang besar karena tren suku bunga tinggi masih berlanjut.

Ilustrasi. Pixabay.

RANS Entertainment dalam beberapa waktu ke belakang ramai diberitakan berencana melakukan initial public offering (IPO) di bursa saham Indonesia di 2023. Perusahaan milik artis Tanah Air Raffi Ahmad ini diisukan memiliki valuasi mencapai Rp3 triliun.

Adapun sejumlah lini usaha yang tergabung dalam RANS Entertainment hingga sekarang yaitu, kanal di YouTube, olahraga (RANS Nusantara FC, RANS PIK Basketball), dapur rekaman RANS Music, rumah produksi RAA Pictures, RANS Animasi, dan produk kecantikan Rans Beauty.

Prospektus RANS Entertainment belum ada hingga saat ini. Perusahaan yang bergerak di bidang digital creative ini meski memiliki banyak lini usaha, tetapi besar kemungkinan masuk ke dalam saham sektor teknologi.

Berkaitan dengan saham sektor teknologi, Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya menyampaikan, di 2023 saham sektor teknologi akan memiliki tantangan yang besar karena tren suku bunga tinggi masih berlanjut.

“Saham teknologi dengan porsi hutang yang besar akan memiliki tantangan lebih, karena suku bunga yang masih lanjut naik di tahun ini. Tentu ini akan menambah beban keuangan menjadi makin besar,” ujar Cheryl saat dihubungi Alinea.id, Selasa (31/1).