Ratna Sarumpaet ke Chile dibiayai Pemprov DKI, DPRD: Sangat aneh

Apakah Ratna Sarumpaet itu mewakili Pemprov DKI Jakarta? Padahal, undangan yang ditujukan untuk pribadi

Ratna Sarumpaet sat jumpa pers di Jakarta. Antara Foto

Komisi B DPRD DKI Jakarta menilai adanya kejanggalan terkait Ratna Sarumpaet yang hendak menghadiri acara Woman Playwrights International Conference di Santiago, Chile, namun dibiayai oleh Pemprov DKI Jakarta. Menurut DPRD DKI, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tak seharusnya menyetujui pemberian fasilitas tersebut. 

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Yuke Yurike, mengatakan anggaran yang digunakan untuk membiayai perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chile yang akhirnya batal diduga berasal dari Biro Administrasi Sekretariat Daerah. Karena itu, dana milik publik tidak seharusnya digunakan untuk kepentingan pribadi. 

"Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah Ratna Sarumpaet itu mewakili Pemprov DKI Jakarta? Kalau memang iya sangat aneh, karena undangan itu ditujukan kepada pribadi Ratna Sarumpaet," kata Yuke Yurike di Jakarta, Jumat (5/10).

Politisi PDI Perjuangan itu, menyebut Dinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI semestinya juga terlibat dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan promosi wisata dan kerjasama budaya. Serta kegiatan yang memang saling menguntungkan untuk kerjasama antar negara atau promosi untuk mendatangkan wisatawan ke Jakarta. 

"Komisi B nanti akan memanggil pariwisata untuk menjelaskan terkait hal ini, apa kaitan dan hubungannya untuk pariwisata dan kebudayaan. Untuk yang lain-lain kita juga akan coba tanyakan. Jangan sampai ada kegiatan-kegiatan lain yang disponsori atau dibiayai dinas, tapi tidak berhubungan juga dengan pariwisata dan kebudayaan," ujarnya.