Restrukturisasi perusahaan, Krakatau Steel pastikan tak ada PHK massal

Program restrukturisasi yang dilakukan Krakatau Steel merupakan upaya untuk menyelamatkan kondisi keuangan perseroan.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS) menyatakan tengah melakukan restrukturisasi perusahaan. / Antara Foto

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS) menyatakan tengah melakukan restrukturisasi perusahaan. Restrukturisasi merupakan upaya manajemen untuk menyelamatkan kondisi keuangan perseroan.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (KS) Silmy Karim mengatakan, upaya penyelamatan perusahaan perlu dilakukan segera dengan melibatkan anak perusahaan melalui program restrukturisasi secara menyeluruh. Ini meliputi restrukturisasi utang, organisasi dan sumber daya manusia (SDM) serta bisnis usaha.

"Saya mengajak seluruh anak usaha KS untuk bersama-sama menyelamatkan bisnis baja KS. Karena untuk menyelesaikan permasalahan tersebut perlu mengedepankan semangat gotong-royong dan kebersamaan semua pihak," ujar Silmy dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (4/7).

Sejumlah langkah restrukturisasi dilakukan oleh KS, seperti penjualan aset-aset non-core, perampingan organisasi, mencari mitra bisnis strategis, dan spin-off.

Selain itu, pelepasan unit kerja yang semula bersifat cost center yang hanya melayani induk perusahaan (KS), menjadi bagian dari pengembangan bisnis anak perusahaan, sehingga bersifat profit center. Program ini disebut juga cost to profit center.