RI ekspor 37.000 MT minyak goreng sawit ke China

37.000 metrik ton (MT) minyak goreng sawit ini berasal Kalimantan Tengah.

Kelapa sawit. Antara Foto

Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor 37.000 metrik ton (MT) minyak goreng sawit atau refined bleaced deodorized olein (RBD olein) asal Kalimantan Tengah ke Tiongkok senilai Rp300 miliar.

"Kami mendukung tumbuhnya industri hilirisasi kelapa sawit, karena produk olahan hasil industri hilir yang justru mendatangkan nilai tambah," kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementan Ali Jamil saat melepas ekspor RBD di Pangkalan Bun, Senin (18/3).

Ali Jamil melepas ekspor RBD olein bersama Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Pelabuhan Tempenek-Kumai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Ali mengatakan Kalimantan Tengah termasuk dalam lima provinsi terbesar penghasil kelapa sawit dan turunannya di Indonesia selain Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat, yang terus menggenjot ekspor produk olahan minyak kelapa sawit.

Pada 2017, ekspor RBD olein dari Kalimantan Tengah yang keluar melalui Karantina Palangkaraya mencapai 23.999 MT dengan nilai ekspor Rp196 miliar.