RI sebut India rugi tak masuk perdagangan bebas RCEP

India menjadi satu-satunya negara yang belum menyepakati perundingan perdagangan bebas Indo-Pasifik atau RCEP yang melibatkan 16 negara.

Ilustrasi perdagangan bebas. / Antara Foto

India menjadi satu-satunya negara yang belum menyepakati perundingan perdagangan bebas Indo-Pasifik atau Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang melibatkan 16 negara. 

Perdana Menteri India Narendra Modi sebelumnya mengatakan perjanjian ini tak mencerminkan kepentingan petani dan pekerja India.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perdagangan Indonesia 2004-2011 Mari Elka Pangestu, mengatakan India akan kehilangan peluang yang baik jika angkat kaki dari RCEP.

"India akan kehilangan salah satu peluang pertumbuhan ekonomi. Sebab, India banyak berkembang di sektor jasa, bahkan mengalahkan China dan sektor jasa akan menjadi hal yang penting pada RCEP," ujar Mari dalam dialog RCEP di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Senin (16/12).

Sementara itu, Ketua Komisi Perundingan RCEP Iman Pambagyo, mengatakan situasi negosiasi India banyak dipengaruhi oleh isu domestik dan ketakutan konstituen mereka atas membanjirnya produk China.