Ridwan Kamil dorong pengembangan wisata Pangandaran

Pangandaran kaya akan panorama alam, dari sawah hingga pantai.

Salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Pangandaran, Jabar. Dokumentasi Pemkab Pangandaran

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mencanangkan Kabupaten Pangandaran sebagai salah satu etalase wisata. Langkah ini diambil guna menyokong ekonomi pascapandemi coronavirus baru (Covid-19).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengklaim, Pangandaran kaya akan panorama alam, dari sawah, sungai, gunung, hingga pantai. Sehingga, layak menjadi destinasi wisata unggulan.

"Saya yakin Pangandaran dan Jawa Barat secara umum akan pulih kembali pascapandemi Covid-19, asalkan dirawat dengan baik. Apalagi jika Pangandaran didesain dengan baik, ekonominya akan melompat," ujarnya, mengutip situs web Pemprov Jabar.

Emil, sapaannya, berpendapat, Pangandaran berpeluang besar menggaet wisatawan lokal lantaran tak membutuhkan transportasi udara. Agar pariwisata semakin menggeliat, disarankan ada berbagai kegiatan.

"Event-event otomotif pun bisa diciptakan di kawasan wisata Pangandaran. Nanti tidak ada alasan Pangandaran tidak sukses dan keren. Begitu pula dengan angka gini ratio kemiskinan di Pangandaran harus rendah," paparnya.