Riset: Teknologi digital bantu UMKM tumbuh positif

Hal ini berdasarkan hasil riset yang SMB Pulse Index.

Ilustrasi. Freepik

Transformasi digital turut memperkuat resiliensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam menjaga pertumbuhan bisnis di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, riset SMB Pulse Index menyebutkan, terdapat tiga tren peran teknologi dalam mempertebal daya tahan tersebut.

"Tren pertama, adalah UMKM yang sigap beradaptasi dengan solusi digital akan lebih lincah menangkap peluang pasar dan lebih cepat kembali ke titik pertumbuhan positif," kata COO Mekari, Anthony Kosasih, dalam konferensi pers, Kamis (11/8).

Kedua, tingginya tingkat digitalisasi bakal mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih tajam. Terakhir, UMKM kini menggunakan solusi software-as-a-service (SaaS) sebagai platform untuk menyatukan solusi lainnya dan membentuk ekosistem digital demi kelancaran operasional bisnis.

Anthony menambahkan, riset SMB Pulse Index juga mencatat sebesar 73% dari survei solusi digital yang dilakukan terhadap UMKM merekam pertumbuhan positif selama 2021, tepat ketika pandemi memuncak.

UMKM segmen business-to-consumer (B2C) pun mengalami pergeseran konsumen ke belanja omnichannel atau online shopping. Hal itu sekaligus membantu UMKM yang terdigitalisasi untuk kembali ke titik pertumbuhan positif.