Rusun Pasar Rumput: Antara Ahok, Jokowi dan Waskita

Digenjotnya proyek infrastruktur pada era Pemerintahan Presiden Joko Widodo kembali menjadi sorotan terkait kecelakaan yang terjadi.

Warga melintas di rusun Tanah Abang yang saat ini belum dipergunakan/ Antara Foto

Kejadian tewasnya seorang warga bernama Tarminah, 53 tahun, akibat tertimpa besi panjang dari proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa Pasar Rumput, Minggu (18/3/2018), sekitar pukul 09.00 WIB, menambah daftar panjang kasus kecelakan akibat proyek infrastruktur. 

Proyek pembangunan Rusun Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, ini dibangun sejak era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Rusunawa itu ditargetkan rampung pada Desember tahun ini untuk warga relokasi sekitar Pasar Rumput yang menjadi korban penggusuran normalisasi Sungai Ciliwung.
 
Korban Tarminah yang tengah berbelanja itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Tak lama berselang, korban dinyatakan meninggal dunia. 

Seperti diketahui proyek ini dikerjakan oleh badan usaha milik negara (BUMN) PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Kejadian tersebut kembali menjadi sorotan lantaran belum sebulan terjadi kecelakaan pada proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang dikerjakan oleh Waskita Karya.

Sekretaris Perusahaan Waskita Karya Shastia Hadiarti menyampaikan permintaan maaf dan duka yang mendalam kepada keluarga korban atas kejadian jatuhnya besi hollow 4x4 cm pada Minggu (18/3/2018) pada proyek Rumah Susun Pasar Rumput.

"Saat ini Waskita juga membantu proses pemakaman korban atas nama Tarminah di Menteng Pulo Jakarta, setelah sebelumnya ditangani di RSCM," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id pada Minggu (18/3/2018).