Saat Jokowi umumkan kabinet, dana asing deras masuk RI

Aliran modal asing itu terjadi di tengah pengumuman Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Aliran modal asing itu terjadi di tengah pengumuman Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan oleh Presiden Jokowi. / Antara Foto

Modal asing atau investasi portofolio yang masuk ke pasar keuangan Indonesia mencapai Rp12,03 triliun dalam sepekan terakhir (week to date). Aliran modal asing itu terjadi di tengah pengumuman Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan investor asing masih mempercayai pemulihan fundamental perekonomian domestik.

Keyakinan investor masih cukup tinggi kepada Indonesia di tengah dinamika perubahan pemegang pos-pos menteri ekonomi dan pos menteri strategis lainnya.

"Ini adalah suatu testimoni atau suatu bentuk atau suatu indikasi bahwa kepercayaan investor asing terhadap Indonesia itu kuat, baik terkait dengan prospek ekonomi kita," ujar dia di Jakarta, Jumat (25/10).

Portofolio dari aliran modal asing masuk selama sepekan terakhir itu adalah instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang sebesar Rp12,19 triliun dan pasar modal minus (capital outflow) Rp230 miliar. Dengan adanya dana keluar dari saham itu, total modal asing masuk sebesar Rp12,03 triliun dalam sepekan terakhir.