Satu dollar AS sudah dihargai lebih dari Rp15.000

Pelemahan nilai tukar rupiah ini beriringan dengan pelemahan sebagian besar mata uang Asia.

Seorang petugas menghitung uang pecahan Dolar Amerika Serikat di tempat penukarang uang di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/9)./AntaraFoto

Nilai tukar rupiah mengalami pelemahan hingga di atas level Rp15.000 per dollar AS. Berdasarkan data Yahoo Finance pada pukul 11.52 WIB, per satu dollar AS berada di level Rp15.020. Di waktu yang sama, Bloomberg mencatat 1 dollar AS dihargai Rp15.025.

Jakarta Interbank Spot Dollar Rate pagi ini berada di Rp 14.988 per dollar AS. Posisi Jisdor ini pun melemah 0,56% ketimbang posisi kemarin pada Rp 14.905 per dollar AS.

Pelemahan nilai tukar rupiah ini beriringan dengan pelemahan sebagian besar mata uang Asia. Berdasarkan data Bloomberg, hanya nilai tukar yuan yang hari ini menguat terhadap dollar AS.

Ekonom Institute for Development of Economics dan Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, faktor global dan domestik sama-sama mendominasi pergerakan rupiah hari ini.

"Kenaikan harga minyak mentah hingga US$85 per barel atau melonjak 28% dari awal tahun (ytd) dan potensi tembus US$90 per barel dalam waktu dekat," ungkapnya saat dihubungi Alinea.id, Senin (2/10).