Savills Research: Properti residensial global mulai menggeliat

Penelitian menunjukkan harga perumahan dan volume transaksi di seluruh dunia mengalami kenaikan. 

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Transaksi properti residensial meningkat di seluruh dunia. Hal tersebut terlihat dari penelitian yang dirilis oleh Savills Research. 

Penelitian tersebut menunjukkan harga perumahan dan volume transaksi di seluruh dunia mengalami kenaikan. 

Transaksi perumahan komersial untuk multifamily meningkat ke sektor terbesar dengan volume investasi mencapai 28% dari total transaksi, mengalahkan perkantoran untuk pertama kalinya pada kuartal I-2021. Perumahan pengguna akhir juga kembali ke tingkat transaksi pra-pandemi, segera setelah pasar properti dibuka kembali. 

Investasi real estat global mengalami perubahan besar pada kuartal I-2021, ketika sektor perumahan multifamily mengambil alih perkantoran dan menjadi sektor terbesar secara global untuk pertama kalinya sejak dimulainya pencatatan pada tahun 2007.

Selama enam bulan pertama tahun 2021, tercatat US$136 miliar diinvestasikan untuk perumahan atau sebanyak 35% lebih tinggi dari periode yang sama di tahun 2020, dan 4,1% lebih tinggi dari volume transaksi properti perkantoran. Pertumbuhan ini didorong oleh minat global terhadap kuatnya fundamental sektor residensial.