Sejumlah indikator mendukung kebangkitan industri penerbangan

Menhub optimistis industri penerbangan akan bangkit.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto Antara/dokumentasi

Industri penerbangan baik nasional maupun global segera bangkit. Pemulihan industri penerbangan di sejumlah negara akan terjadi. Namun, waktu dan kecepatan pemulihan akan berbeda-beda, tergantung dari karakteristik wilayah geografis dan kebijakan masing-masing negara. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan optimismenya itu saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi panel “Reviving Aviation, Rebuilding Connection” di Singapura, Selasa (17/5). Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Changi Aviation Summit 2022, 17-18 Mei 2022.

"Saya optimistis industri penerbangan di Indonesia akan kembali bangkit dalam waktu dekat. Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat membutuhkan konektivitas melalui angkutan udara," ujar Budi.

Ada sejumlah indikator yang membuat Budi Karya optimistis, di antaranya 70% penumpang angkutan udara merupakan penumpang domestik, tingkat vaksinasi tinggi, penurunan kasus Covid-19, pelonggaran pembatasan perjalanan, dan permintaan masyarakat yang mulai meningkat terhadap angkutan udara.

Masa mudik tahun ini, kata Budi Karya, menjadi momentum kebangkitan industri penerbangan nasional. Industri ini sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19 sejak awal 2020. Pada tahun ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang membolehkan kembali kegiatan mudik.