Sembilan ruas jalan tol akan diresmikan pada 2019

Sembilan ruas jalan tol yang baru ini akan menambah 406,14 kilometer (km) jaringan jalan tol di Indonesia.

Sebanyak sembilan ruas jalan tol sepanjang 406,14 kilometer (km) siap diresmikan hingga akhir 2019. / Istimewa

Sebanyak sembilan ruas jalan tol sepanjang 406,14 kilometer (km) siap diresmikan hingga akhir 2019. Ruas tol ini akan makin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan efisiensi biaya logistik di Indonesia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit merinci kesembilan ruas jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 2 ruas Raya Bogor-Kukusan (5,5 km) dengan progres fisik saat ini sudah 100 persen dan siap diresmikan pada Agustus 2019.

"Pembangunan Jalan Tol Cijago sepanjang 14,64 km dilaksanakan oleh PT Translingkar Kita Jaya terbagi menjadi tiga seksi. Tol Cijago Seksi I dimulai dari Interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III Kukusan ke Cinere," kata Danang dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (12/8).

Ruas tol kedua, katanya, adalah Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km, yang merupakan bagian dari Tol Trans-Sumatera, akan siap diresmikan pada September 2019.

"Pada Lebaran 2019 lalu, ruas tol ini sudah digunakan fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik, saat ini progres konstruksinya sudah sebesar 94,33 persen," jelas Danang.