SMF dukung pembangunan homestay di kawasan wisata strategis

Penyaluran pembiayaan homestay ini merupakan bagian dari komitmen SMF dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kemenpar dan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF kembali melanjutkan kerja sama untuk mendukung pembiayaan homestay melalui Program Kemitraan di kawasan destinasi pariwisata. Foto Humas Kemenparekraf

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF kembali bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam merealisasikan kerja sama pelaksanaan dukungan pembiayaan pembangunan homestay di destinasi pariwisata Indonesia.

Sinergi tersebut diwujudkan melalui Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SMF dengan Direktorat Akses Pembiayaan Kementerian Parekraf.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, penyaluran pembiayaan homestay ini merupakan bagian dari komitmen SMF dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah khususnya di sektor pariwisata, melalui pembiayaan homestay.

“Sebagai special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, di tengah pandemi ini SMF berkomitmen untuk dapat memberikan manfaat yang lebih luas. SMF siap didayagunakan untuk dapat mendorong kembali pertumbuhan sektor pariwisata yang sejalan dengan memulihkan kondisi ekonomi nasional,” katanya keterangan tertulis, Kamis (12/11).

Adapun perjanjian kerja sama tersebut melingkupi lima hal, yaitu pertama, fasilitas dan koordinasi terkait dengan kebijakan yang dibutuhkan oleh kedua belah pihak dalam melaksanakan pembiayaan pembangunan pondok wisata (homestay) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).