Sri Mulyani waspadai kesepakatan lanjutan setelah Brexit

Keputusan Inggris untuk menarik diri dari Uni Eropa atau Brexit tidak membawa dampak langsung.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto Antara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai keputusan Inggris untuk menarik diri dari Uni Eropa atau Brexit tidak membawa dampak langsung kepada perekonomian Indonesia. Sri Mulyani mengatakan hal yang perlu diwaspadai adalah pembahasan lanjutan setelah masa transisi Brexit.

“Pemerintah harus mewaspadai efek lanjutan yang akan ditimbulkan dari situasi politik di Eropa tersebut,” katanya di Kementerian Keuangan, Jumat (31/1).

Pasalnya, lanjut Sri, Inggris merupakan motor ekonomi di Uni Eropa. Sehingga, situasi politik yang terjadi di Inggris akan mempengaruhi perekonomian global secara umum, tak terkecuali Indonesia.

"Kita tentu harus waspada. Kalau kedua-duanya bersikeras, berarti ada suatu agreement yang tidak menguntungkan kedua belah pihak, dibandingkan saat Inggris ada di Uni Eropa," ujarnya.

Sri Mulyani menerangkan pengaruh yang paling nyata akan berdampak kepada arus keluar masuk orang dan uang. Sebab, selain dikenal sebagai pusat ekonomi Eropa, Kota London di Inggris juga menjadi pusat bisnis dunia.