Standard Chartered tawarkan produk reksa dana offshore syariah

Produk investasi yang mengacu pada prinsip ESG ini menawarkan peluang dengan mengoptimalkan potensi imbal hasil dalam jangka panjang.

Logo Standard Chartered Bank. Foto istimewa

Standard Chartered Bank Indonesia bekerja sama dengan Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM), menawarkan produk reksa dana Batavia Global ESG Sharia Equity dalam bentuk Dolar AS (USD), bagi para nasabah Bank. 

Produk ini merupakan produk reksa dana offshore (luar negeri) pertama bank yang dikelola aktif sesuai dengan prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik (environment, social & good corporate governance/ESG).

Cluster CEO Indonesia & ASEAN Markets Standard Chartered Andrew Chia mengatakan, dalam mengelola reksa dana ini, BPAM didukung oleh perusahaan investasi kenamaan dunia, Blackrock, sebagai penasihat teknis.

Batavia Global ESG Sharia Equity USD bertujuan mengoptimalkan pengembalian total jangka panjang melalui pengelolaan investasi pada saham dari perusahaan-perusahaan di pasar global yang memiliki fokus kuat di ESG, dengan penerapan prinsip-prinsip syariah. 

Di mana 80%-100% dari investasi ditempatkan di ekuitas, sementara 0%-20% ditempatkan di instrumen pasar uang syariah.