Strategi Rini Soemarno agar Bandara Yogyakarta tak senasib Kertajati

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan uji coba penerbangan komersial ke Bandara Internasional Yogyakarta.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan uji coba penerbangan komersial ke Bandara Internasional Yogyakarta, Selasa (7/5). / dok. Angkasa Pura I

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan uji coba penerbangan komersial ke Bandara Internasional Yogyakarta menggunakan pesawat Citilink dari Bandara Halim Perdana Kusuma hari ini (7/5).

Saat mendarat di bandara yang baru beroperasi tersebut, Rini menyatakan sudah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan trafik penerbangannya. Rini menyebut, agar Bandara Internasional Yogyakarta tidak senasib seperti Bandara Kertajati (Jawa Barat) yang sepi, akan disiapkan berbagai program yang menarik pengunjung.

Salah satu yang dimaksudnya yakni upaya integrasi bandara dengan destinasi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Sehingga, menarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

"Kami langsung menuju Borobudur, Magelang (Jawa Tengah) karena ingin tahu jarak tempuh dari Bandara Internasional Yogyakarta. Saat ini, kami di BUMN sedang membuat program supaya wisawatan nyaman datang ke Yogyakarta," katanya.

Selain itu, Rini mengatakan pembangunan jalur kereta api dari dan menuju bandara saat ini sedang dalam proses. Hal ini sangat penting sebab bandara di Kulon Progo ini merupakan bandara internasional.