The Fed bikin rupiah perkasa dan IHSG mengangkasa

Pernyataan Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) membuat rupiah perkasa di level Rp14.339 per dollar AS.

Pernyataan Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) membuat rupiah perkasa di level Rp14.339 per dollar AS. / Antara Foto

Pernyataan Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) membuat rupiah perkasa di level Rp14.339 per dollar AS.

Pada perdagangan Kamis (29/11), nilai tukar rupiah menguat 1,01% sebesar 146,5 poin ke level Rp14.382 per dollar AS. Sepanjang hari, rupiah di pasar spot dikutip dari Bloomberg bergerak pada rentang Rp14.339-Rp14.465 per dollar AS.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Nanang Hendarsah megatakan penguatan rupiah dipicu oleh pernyataan Chairman Federal Reserve Jerome Powell. The Fed memperlunak stance kebijakan yang dipandang sudah berada sedikit di bawah kisaran suku bunga 'netral'.

Dia memperkirakan kurs rupiah masih akan terus mengalami penguatan. Menurut dia, pernyataan Powell tersebut semakin memperkuat atau meyakinkan pasar bahwa tren kenaikan Fed Fund Rate (FFR) sudah mendekati akhir. 

"Setelah kenaikan di bulan Desember nanti, pasar memperkirakan hanya ada satu kali kenaikan di tahun 2019. Pasar juga optimistis dengan semakin terbukanya kesepakatan dagang antara AS dan China, yang akan di negosiasikan di antara kedua pimpinan AS dan China pada pertemuan G-20," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Kamis (29/11).