Puncak arus balik, tol Japek arah Jakarta diberlakukan contraflow

Para pengendara diminta selalu berhati-hati, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Petugas mengatur kendaraan yang akan melewati jalur pemeriksaan masuk wilayah DKI Jakarta di Km 47 Tol Cikampek-Jakarta, Jabar, Sabtu (30/5/2020). Foto Antara/Muhammad Adimaja

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan rekayasa lalu-lintas contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 53 arah Jakarta, Minggu (3/1), sore. Hal tersebut, dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

"Jasa Marga atas diskresi kepolisian berlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari KM 53 sampai dengan KM 47 arah Jakarta sejak pukul 15.50 WIB," ujar General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam keteranganya, Minggu (3/1).

Menurut dia, dengan pemberlakuan contraflow, kepadatan yang terjadi di Ruas Jalan Tol Japek dapat terurai. Widiyatmiko meminta, pengguna jalan untuk memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal guna menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Selain itu, dia mengharapkan, para pengendara selalu berhati-hati, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Sebelumnya, Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jakarta dalam rangka Nataru terjadi pada hari Minggu (3/1), dengan jumlah kendaraan yang kembali sebanyak 205 ribu kendaraan.