Tol Sragen-Ngawi diresmikan, tol Jakarta-Surabaya segera tersambung

Presiden Jokowi optimistis tol Jakarta-Surabaya tersambung akhir tahun.

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) meninjau Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi, seusai peresmian di Rest Area KM 538, Sragen, Jawa Tengah, Rabu (28/11)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi, yang merupakan bagian dari proyek tol Trans-Jawa. Jokowi optimistis jalan tol yang akan menghubungkan Jakarta hingga Surabaya, dapat tersambung pada Desember 2018 mendatang.

"Saya sangat berbahagia sekali pada pagi hari ini, akan kita resmikan jalan tol Solo-Ngawi di segmen Sragen-Ngawi. Artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya, di akhir tahun ini insya Allah sudah tesambung semuanya," kata Presiden Jokowi saat meresmikan tol Sragen-Ngawi di Sragen, Jawa Tengah, Rabu (28/11).

Dia menjelaskan, jalur tol yang masih dalam proses pengerjaan adalah jalur Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, kemudian Wilangan-Kertosono. Menurutnya, Menteri BUMN Rini Sumarno telah menyampaikan bahwa proyek tersebut akan rampung di tengah atau akhir Desember.

Integrasi industri lokal

Jokowi berharap, penyelesaian ruas tol Jakarta-Surabaya ini dapat mengintegrasikan kawasan-kawasan industri yang ada. Keberadaan tol ini juga akan mempercepat mobilitas orang dan barang.