Tower Bersama beli 3.000 menara milik Inti Bangun Sejahtera

Akuisisi ini melengkapi strategi utama perseroan, yang berfokus pada pertumbuhan organik.

Logo TBIG. Istimewa

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) pada Rabu (22/12) malam mengumumkan anak perusahaannya, PT Tower Bersama (TB) telah menandatangani perjanjian jual beli aset bersyarat dengan PT Inti Bangun Sejahtera Tbk. (IBST).

Tower Bersama membeli sebanyak-banyaknya 3.000 menara milik IBST, dengan nilai keseluruhan sebesar Rp3,975 triliun (setara dengan US$280 juta).

CEO TBIG Hardi Wijaya Liong mengatakan, akuisisi ini melengkapi strategi utama perseroan, yang berfokus pada pertumbuhan organik.

“Kami sangat senang untuk menandatangani perjanjian ini dengan IBST, untuk pembelian menara-menara ini. Dalam basis proforma, transaksi ini akan meningkatkan EBITDA kami sekitar 10% dan memiliki dampak penambahan langsung,” ujar Hardi dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Rabu (22/12) malam.

Hardi melanjutkan, penyelesaian transaksi ini masih membutuhkan berbagai persetujuan, termasuk persetujuan pemegang saham dan pemberi pinjaman dari TBIG dan IBST. Transaksi ini diharapkan perseroan akan selesai menjelang akhir kuartal I-2021.