Tren transaksi di Tokopedia pada kuartal III-2020

Pada kategori makanan dan minuman, penjualan meningkat hampir tiga kali lipat selama pandemi.

Ilustrasi. Istimewa

Belanja daring saat ini masih menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus mendorong pegiat usaha di Indonesia-khususnya UMKM-untuk terus beroperasi. Tokopedia pun mengumumkan tren transaksi jual-beli online di platformnya sepanjang kuartal III-2020.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, kategori makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik, serta handphone & tablet menjadi lima kategori paling populer selama periode Juli hingga September 2020.

“Pada kategori makanan dan minuman, penjualan meningkat hampir tiga kali lipat selama pandemi. Produk sembako seperti telur dan ikan, mie instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi produk yang paling laris,” tambah Nuraini dalam keterangan tertulis.

Pada kategori elektronik, produk seperti bohlam pintar, earphone, antena dan receiver TV menjadi produk yang paling laris. Sementara pada kategori handphone & tablet, penyangga dan tripod untuk telepon seluler, powerbank serta kabel data merupakan produk yang paling banyak dicari.

Di samping itu, kategori kesehatan juga mengalami peningkatan hampir 2,5 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya. Di mana masker dan face shield masih menjadi produk kesehatan yang paling dicari masyarakat.