Uji coba penyaluran LPG subsidi dilakukan 22 April

Uji coba penyaluran subsidi LPG dilakukan pada empat hari setelah pemilu mendatang atau tepatnya pada 22 April 2019.

Pekerja memasang instalasi Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang dipasang pada kandang peternakan ayam di Manyaran, Karanggede, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (15/2)/Antara Foto

Pemerintah akan melakukan uji coba distribusi elpiji (liquefied petroleum gas /LPG) subsidi dengan sistem e-voucher, biometrik, dan kartu bantuan sosial, setelah Pemilu.

Chief of Communications and Partnership, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Ruddy Gobel mengatakan, uji coba penyaluran itu akan dilakukan pada empat hari setelah pemilu mendatang atau tepatnya pada 22 April 2019.

"Tanggal 22 April untuk uji coba penyaluran pertama dan awal Mei untuk uji coba penyaluran kedua," kata Ruddy kepada Alinea.id, Rabu malam (6/3).

Total ada 14.193 rumah tangga yang akan ikut dalam uji coba di tujuh lokasi. Di antaranya, Provinsi Sumatra Barat, Banten, Sulawesi Utara, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

Proses uji coba, kata dia ada lima tahapan. Yakni, penyiapan data dan toko LPG, sosialisasi dan edukasi, registrasi kependudukan, penyaluran, serta pemanfaatan bantuan.