Vaksin Covid-19 tiba, Erick Thohir sebut angin segar

Vaksin yang telah tiba di Indonesia merupakan bantuan pemerintah.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac baru saja tiba di Tanah Air pada Minggu (6/12) malam. Saat ini, vaksin tersebut telah disimpan dalam cold storage Bio Farma, di Bandung, Jawa Barat.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam keterangan resminya, Senin (7/12), mengatakan kedatangan gelombang pertama vaksin ini merupakan angin segar.

“Alhamdulillah, kami bersyukur karena vaksin Covid-19 mulai tiba secara bertahap di Indonesia. Ini sebuah langkah maju, bukti kerja sama yang kuat lintas kementerian dan lembaga, baik Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Badan POM, Bio Farma juga Garuda, dan nantinya akan didukung oleh semua pemerintah daerah, TNI, dan Polri,” kata Erick.

Erick yang juga Ketua Pelaksana KPCPEN ini melanjutkan, vaksin yang tiba ini merupakan bantuan pemerintah. Dia menuturkan, vaksinasi akan dilakukan sesudah mendapatkan izin BPOM dan MUI.

Lalu, untuk vaksin yang akan datang kemudian, sebagian ditujukan vaksin mandiri. Vaksin tersebut rencananya akan tiba di Indonesia pada Januari tahun depan.