Viral harga tiket pesawat domestik Rp21 juta dan permainan agen online

Viral harga tiket pesawat rute Bandung-Medan seharga Rp21 juta di Traveloka membuat publik berang.

Calon penumpang berjalan menuju pesawat di Bandara Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (28/5). / Antara Foto

Publik tengah ramai membicarakan mahalnya harga tiket pesawat untuk rute-rute tertentu menjelang liburan Lebaran 2019. Tiket pesawat Bandung-Medan atau Jakarta-Makassar misalnya, di platform agen perjalanan (online travel agent/OTA) seperti Traveloka.com atau Tiket.com, dijual mulai Rp13 juta hingga Rp21 juta.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menegaskan, pihaknya telah meminta maskapai untuk mengingatkan dan menegur mitra penjual atau agen untuk tidak menampilkan harga yang tidak masuk akal karena penerbangan harus melalui beberapa kali transit. 

“Karena yang muncul di layar aplikasi konsumen, harga tiket jadi tidak masuk akal. Kalau maskapai tidak diingatkan untuk menegur mitra mereka, ini akan merugikan reputasi maskapai sendiri, sekaligus membuat calon penumpang menjerit,” ujar Polana dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat  (31/5).

Polana menambahkan, dalam suasana di mana permintaan tiket pesawat mengalami puncak seperti musim liburan dan Lebaran 2019 tahun ini, pemunculan harga yang tidak masuk akal akan makin membuat publik bingung dan menurunkan kepercayaan terhadap pelayanan dalam industri penerbangan. 

Cara kerja online travel agent