Wamendag resmikan warung digital di Pangkalpinang untuk dorong UMKM digital

Jerry meresmikan Warung Digital di Toko Aisyah, Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Foto Youtube

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 memaksa pelaku usaha beradaptasi dan mengembangkan diri agar dapat bertahan. 

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan penyesuaian yang dilakukan pengusaha dapat dimulai dari mengubah model bisnis hingga menggunakan platform digital sebagai sarana untuk menjual dan memperluas jaringan bisnis mereka.

“Tujuan dari pengembangan toko digital ini adalah untuk menjawab tantangan tersebut dan mengikuti perkembangan dan permintaan pasar dari produk digital yang terus meningkat. Kita semua menyadari bahwa sangat penting bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk masuk ekosistem digital sehingga bisnis mereka berubah lebih efisien, rantai perdagangan lebih pendek dan pasar lebih luas,” kata Jerry, Kamis (12/5).

Jerry meresmikan Warung Digital di Toko Aisyah, Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, untuk mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masuk platform digital.

Wamendag menjelaskan, pembangunan toko digital ini merupakan tindak lanjut dari bantuan perbaikan toko Departemen Perdagangan tahun 2021. Toko digital juga merupakan bagian dari upaya mendorong dan mendukung Indonesia menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.