Wapres harap perguruan tinggi majukan ekonomi syariah

Menurut Ma'ruf Amin, ada empat peran yang dapat diambil perguruan tinggi dalam mengembangkan industri produk halal nasional.

Wapres, Ma'ruf Amin, memberikan sambutan dalam Dies Natalis ke-40 Untirta secara daring pada Jumat (1/10/2021). Tangkapan layar kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia/Alinea.id/Tiara Kandida Enggarsari

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai, perguruan tinggi memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah selain melahirkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan menghasilkan riset.

"Memajukan sektor industri produk halal tentu tidak bisa kita lepaskan dari peran perguruan tinggi," ucapnya, melansir situs web Sekretariat Wapres, Kamis (11/11).

Menurutnya, ada empat peran yang dapat diambil perguruan tinggi dalam mengembangkan industri produk halal nasional. Pertama, pengembangan SDM.

“Dengan adanya Halal Center, universitas diharapkan dapat menjadi pusat penyedia SDM untuk industri halal, seperti penyelia halal, auditor halal, dan lain sebagainya,” paparnya.

Kedua, pengembangan lembaga pemeriksa halal (LPH). Kemudahan melakukan sertifikasi halal dengan banyaknya LPH diklaim bakal mendorong pelaku usaha mensertifikasi produk-produknya.