Waskita Karya rencanakan terbitkan obligasi Rp3,5 triliun

Obligasi yang akan diterbitkan merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) tahap kedua.

Pekerja mengerjakan pembangunan gerbang tol yang dikelola PT Waskita Karya Tbk, di jalan tol Brebes Timur-Pemalang, Desa Kertasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (24/5)./AntaraFoto

PT Waskita Karya Tbk. (WSKT) berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp 3,5 triliun pada semester II-2018. Dana tersebut akan digunakan untuk merestrukturisasi utang perseroan. 

Direktur Keuangan WSKT Harris Gunawan mengatakan, banyak investasi jangka panjang perusahaan didanai dengan utang jangka pendek. Padahal idealnya, utang jangka panjang harus didanai dengan utang jangka panjang juga. 

“Kami terus berupaya untuk menjaga rasio keuangan tetap sehat. Investasi jangka panjang kita banyak dibiayai kredit jangka pendek. Ini tidak sehat, sehingga kami sedang menghitung melakukan refinancing," katanya di Jakarta, belum lama ini.

Obligasi yang akan diterbitkan merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) tahap kedua. Waskita menargetkan bunga obligasi tersebut berada di kisaran 8%-9%.

Perusahaan akan fokus menyelesaikan investasi di ruas tol yang sudah ada pada tahun ini. Perusahaan tidak akan terburu-buru membangun proyek baru. Pasalnya, pembangunan jalan tol di Indonesia saat ini masih terbentur banyak tantangan seperti pembebasan lahan.