Wi-Fi gratis di pesawat, strategi Garuda kejar pasar generasi milenial

Garuda Indonesia Group bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi menyediakan penerbangan dilengkapi fasilitas Wi-Fi.

Pesawat Garuda Indonesia. Foto: Wikipedia.org

Garuda Indonesia Grup bakal menyertakan fasilitas baru yakni akses internet melalui sambungan Wi-Fi di setiap pesawat Garuda Indonesia dan anak usahanya, Citilink. Namun, fasilitas tanpa dipungut biaya alias gratis ini baru bisa dirasakan penumpang pada tahun depan atau 2019. Upaya ini merupakan strategi Garuda Indonesia Grup untuk mengejar pangsa pasar generasi milenial. 

Dalam memberikan layanan ini, Garuda Indonesia Group bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi. Dengan  kerja sama tersebut, nantinya penumpang Garuda Indonesia dan Citilink dapat menikmati layanan akses internet secara cuma-cuma  di seluruh penerbangan Citilink dan penerbangan domestik Garuda Indonesia.

Untuk menyediakan fasilitas koneksi internet gratis selama penerbangan, Garuda Indonesia Group akan melengkapi armadanya dengan layanan GX Aviation Siste, sebuah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi melalui jaringan High-Throughput Satellites. Dengan fasilitas ini, memungkinkan bagi penumpang untuk menjelajah internet dan media sosial selama penerbangan.

Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo, mengatakan layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat, bekerja sama dengan Lufthansa Technic sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut. Sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak. 

"Layanan tersebut sejalan dengan komitmen dari Garuda Indonesia Group sebagai maskapai nasional yang terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan penumpang khususnya di era digital," kata Juliandra di Gedung Garuda Indonesia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).