XL bukukan pendapatan layanan perusahaan Rp12,13 triliun di semester I-2020

Per akhir kuartal kedua 2020 ini, jumlah pelanggan meningkat tipis menjadi 55,67 juta dari 55,49 juta di kuartal sebelumnya. 

Logo XL Axiata

PT Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mempertahankan pertumbuhan di tengah meningkatnya kompetisi antaroperator akibat pandemi Covid-19. Pendapatan layanan perusahaan di sepanjang semester I-2020 tercatat sebesar Rp12,13 triliun, meningkat 10% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Tak hanya dari sisi pendapatan layanan perusahaan, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, pendapatan dari layanan data juga terus tumbuh 15% dari periode yang sama tahun sebelumnya (yoy), dan sekaligus meningkatkan kontribusinya terhadap total pendapatan layanan (service revenue) perusahaan menjadi sebesar 91%.

"Harus kami akui bahwa meluasnya kebutuhan masyarakat atas akses internet untuk mendukung aktivitas bekerja dan belajar telah menolong XL Axiata selama masa pandemi Covid-19. Trafik pemakaian data memang menjadi meningkat terutama di bulan-bulan awal masa pandemi," katanya salam keterangan resmi, Kamis (27/8).

Namun, trafik pemakaian data XL cenderung melandai karena daya beli masyarakat juga melemah seiring menurunnya kondisi ekonomi secara umum akibat pandemi Covid-19. 

"Kami belum tahu sampai kapan wabah ini akan berakhir, sehingga kedepan tentunya tantangan dan tekanan yang akan dihadapi industri telekomunikasi termasuk XL Axiata tentunya masih akan berat. Dan tentu kami harus tetap optimis dan menyiapkan segala daya upaya untuk mengantisipasi ke depannya," ujarnya.