Bupati Gowa dorong program Readsi Kementan mampu sejahterakan petani

Adnan menjelaskan, program tersebut juga diharapkan mampu mewujudkan swasembada dan meningkatkan sistem ketahanan pangan nasional.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Foto: humas.gowakab.go.id)

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendorong Pelatihan Literasi Keuangan Bagi Perwakilan Rumah Tangga Petani Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (Readsi) Kementerian Pertanian (Kementan) mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kita berharap kagiatan seperti akan lebih mempermudah patani khususnya dalam mendapatkan permodalan melalui KUR, sehingga ini akan meningkatkan kesejateraan petani,” kata Adnan, dikutip Kamis (25/8).

Adnan menjelaskan, program tersebut juga diharapkan mampu mewujudkan swasembada dan meningkatkan sistem ketahanan pangan nasional. Ia juga mengapresiasi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo atas penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI).

“Melalui kegiatan ini kita juga berharap dapat lebih memperkokoh Indonesia untuk terus mewujudkan swasembada dan meningkatkan ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, berbagai program akselerasi dilakukan untuk dapat meningkatkan stok pangan sekaligus pendapatan rumah tangga petani guna menghadapi tantangan krisis pangan dunia. Salah satunya dengan menggelar pelatihan literasi keuangan bagi perwakilan rumah tangga petani sekaligus pelatihan teknis bagi penyuluh dan bimbingan teknis Smart Farming dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani.