Desa BaleranteKlaten terpilih jadi lokasi acara puncak Hari Kesiapan Bencana 2022

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memilih Desa Balerante, Kabupaten Klaten, sebagai lokasi puncak peringatan HKB 2022.

Tim BNBP Tinjau Desa Berlente. Sumber foto: bnpb.go.id

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memilih Desa Berlente, Kabupaten Klaten, sebagai lokasi puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2022. Dipilihnya Desa Balerante dikarenakan memiliki kesiapan bencana yang mumpuni.

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, mengatakan Desa Balerante dipilih memiliki infrastruktur, sistem komando dan koordinasi masyarakat, strategi serta sumber daya manusianya. Sehingga wilayah yang berada di lereng Gunung Merapi itu menjadi model percontohan desa tangguh bencana khususnya gunung api.

"Masyarakat juga memiliki kesadaran yang tinggi terhadap tanda-tanda potensi ancaman gunung api sehingga mereka bisa menyelamatkan diri," jelasnya dalam siaran pers, Selasa (12/4).

Dilansir dari bnpb.go.id, Kesiapan Desa Balerante dalam mitigasi dan kesiapsiagaan masyarakat juga didukung oleh beberapa komponen yang lain seperti beberapa kementerian atau lembaga melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.