sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anggota DPRD Pati minta normalisasi Sungai Silugonggo segera diselesaikan

Hal itu untuk antisipasi terjadinya banjir. Karena banyak sawah warga yang siap panen akan terancam gagal karena tersapu banjir.

Hermansah
Hermansah Minggu, 30 Jul 2023 19:10 WIB
Anggota DPRD Pati minta normalisasi Sungai Silugonggo segera diselesaikan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Suyono, meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, agar segera menyelesaikan normalisasi Sungai Silugonggo.

Pasalnya, musim kemarau diperkirakan bakal usai dan berganti dengan musim penghujan. Apabila proses normalisasi tidak segera terselesaikan, akan mengakibatkan banjir di Pati.

Bukan hanya pada tempat tinggal. Banyak sawah warga yang siap panen akan terancam gagal karena tersapu banjir.

“Ditambah lagi bila musim penghujan menyebabkan banjir yang meluap ke permukaan serta area pertanian, tambak, dan sawah,” ujar Suyono, saat dihubungi melalui sambungan seluler, Senin 24 Juli 2023.

Sponsored

Legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga berharap, kewaspadaan serta antisipasi dari seluruh stakeholder harus dipersiapkan dari dini. Supaya penanganan bencana banjir bisa lebih dimaksimalkan dan tidak merugikan banyak masyarakat.

Selain Sungai Silugonggo, banyak sungai-sungai lain yang mengalami pendangkalan serta penyempitan, yang kerap menyebabkan para petani was-was.

“Karena banyak saluran sungai yang dangkal dan menyempit, berakibat pada petani sawah maupun petani tambak. Akibatnya tidak bisa digunakan sebagaimana fungsinya dengan baik,” pungkasnya.

Berita Lainnya
×
tekid