DWP Kota Makassar ingatkan pentingnya deteksi dini cegah TBC

Penasihat DWP Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail mengatakan, Makassar memiliki fasilitas gratis untuk pelayanan pasien TBC di puskesmas.

DWP Kota Makassar menggelar Sosialisasi Pencegahan Penyakit TBC (Foto: makassarkota.go.id)

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya deteksi dini dalam upaya mencegah penyakit tuberculosis (TBC). Penasihat DWP Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail mengatakan, Makassar memiliki fasilitas gratis untuk pelayanan pasien TBC di puskesmas.

“Semakin cepat dikenali dan ditemukan, maka akan semakin cepat dapat dicegah penularannya. Sesuai dengan slogan eliminasi TB, temukan, obati sampai sembuh. Makassar memiliki fasilitas gratis untuk pelayanan pasien TB di setiap Puskesmas,” kata Indira saat membuka Sosialisasi Pencegahan Penyakit TB, Selasa (1/11).

Indira menjelaskan, masyarakat bisa memeriksa gejala dan penanganan TBC di puskesmas dan rumah sakit. Ia berharap target eliminasi TBC di Kota Makassar bisa tercapai.

“Diharapkan masyarakat dapat secara aktif memeriksakan diri dan keluarga, agar target eliminasi TB di kota Makassar dapat segera tercapai,” tutunya.

Lebih lanjut, Indira yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Multi Sektor (FMS) Percepatan Eliminasi TBC Kota Makassar mengingatkan masyarakat agar memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, serta memperhatikan kondisi kebersihan lingkungan sekitar.