Gubernur DIY siapkan anggaran bantu perbaiki bangunan rusak imbas gempa Bantul

Sultan mengatakan telah menginstruksikan kepala daerah langsung mengasesmen kebutuhan dan segara melapor agar bantuan tepat sasaran.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X (putih) meninjau salah satu korban gempa. Foto: bantulkab.go.id

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyatakan telah menyiapkan anggaran untuk membantu perbaikan bangunan rusak imbas diguncang gempa besar beberapa hari lalu. Sultan mengatakan telah menginstruksikan kepala daerah langsung mengasesmen kebutuhan dan segara melapor agar bantuan tepat sasaran.

Diketahui, gempa berkekuatan Magnitudo 6,4 mengguncang DIY. Daerah terparah mengalami guncangan yakni Gunung Kidul dan Bantul hingga merusak ratusan bangunan dan menewaskan 1 orang warga.

“Saya minta dicek semua, ada konstruksi yang bergeser tidak, listriknya bagaimana, tidak hanya sekadar jebol. Jadi tolong diasesmen,” kata Sri Sultan, dilansir dari jogjaprov.go.id, Minggu (2/7).

Mengenai rumah-rumah warga yang rusak, Sri Sultan menjelaskan belum ada skema relokasi karena hanya terdampak ringan hingga sedang serta tidak ada korban jiwa. Pemda DIY siap memberikan bantuan, namun tetap akan disesuaikan dengan data di lapangan.

“Saya butuhnya (data) mereka ini yang masih bisa tinggal di rumahnya apa tidak, mampu apa tidak, dalam arti di suplai konsumsi. Tapi reportnya belum sampai disitu, hanya ringan sampai sedang aja," ujarnya.