Atasi penyakit mulut dan kuku, Gubernur minta Disbunnak Kalsel percepat vaksinasi

Pemprov telah menerima bantuan 4.200 dosis vaksin dari Kementerian Pertanian sebagai upaya mendukung penanganan PMK.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor meminta percepatan vaksinasi hewan ternak (Foto: Rilis Pemprov Kalsel)

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor meminta Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) mempercepat vaksinasi hewan ternak dalam upaya mengatasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, Pemprov telah menerima bantuan 4.200 dosis vaksin dari Kementerian Pertanian sebagai upaya mendukung penanganan PMK.

“Melalui vaksinasi ini, saya minta kepada Dinas Perkebunan dan Peternakan, agar bisa memenuhi jumlah dosis dan target waktu pelaksanaan vaksinasi,” kata Paman Birin saat memimpin apel siaga menghadapi bencana asap akibat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) dan apel kesiapsiagaan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kalsel, Senin (27/6).

Paman Birin menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel juga menyiapkan Tim Pengawas Hewan Kurban untuk memastikan hewan kurban menjelang Iduladha tidak terpapar PMK. Menurutnya, ada tiga kabupaten yang masuk daerah tertular yakni Hulu Sungau Utara (HSU), Hulu Sungai Tengah, dan Tanah Laut. Namun, saat ini sudah bisa dikendalikan.

“Pastikan dan lindungi masyarakat kita, bahwa hewan kurban yang dibeli masyarakat bebas dari PMK. Berikan juga informasi yang jelas kepada masyarakat, bahwa hewan yang sembuh dari PMK aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Meski begitu, Paman Birin mengingatkan agar pemerintah daerah (Pemda) se-Kalsel untuk tidak lengah dan tetap waspada terhadap potensi lonjakan kasus PMK.