Krisis Yahukimo: Bencana pangan, teror KKB, hingga isu tolak bantuan

Krisis kemanusiaan di Yahukimo karena bencana pangan sulit teratasi seiring adanya teror KKB hingga penolakan atas bantuan pemerintah.

Krisis kemanusiaan di Yahukimo kian kompleks, dari bencana pangan, teror KKB, hingga isu menolak bantuan pemerintah. Dokumentasi Kemensos

Krisis kemanusiaan di Yahukimo, Papua Pegunungan, yang kompleks menambah beban masyarakat. Selain kasus puluhan orang meninggal karena kelaparan, kondisi diperparah serangan kepada Tim Cadangan Kesehatan (TCK) Emergency Medical Regional Papua oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), 31 Oktober 2023.

Serangan tersebut terjadi di Puskesmas Amuma, sekitar pukul 10.00 WIT. Akibatnya, lima tenaga medis mengalami luka-luka. Seluruhnya telah dievakuasi dan menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Dekai. 

Sayangnya, Dewan Gereja Papua dilaporkan menolak bantuan yang dikirimkan pemerintah pusat. Padahal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo menetapkan status tanggap darurat bencana agar penyaluran bantuan dipercepat.

Rumor itu lantas dibantah tokoh pemuda Kristen Papua, Opinus Sogoneap. Ia menyampaikan, informasi dan berita yang berkembang di media sosial tentang penolakan Dewan Gereja Papua tersebut rancu. Dalihnya, tidak mewakili aspirasi gereja-gereja di "Bumi Cenderawasih".

"Tidak semua daerah di tanah Papua menolak kehadiran negara. Tidak semua daerah menolak bantuan yang sifatnya kemanusiaan dari pemerintah," katanya, Kamis (2/11).